Honda All New Honda PCX 150 juga meraih Best of
The Best dalam segmen skutik.
Bagi PT Astra Honda Motor (AHM) ini adalah sebuah prestasi.
"Ini merupakan penghargaan yang luar biasa buat Honda All New PCX 150," ujar Toshiyuki Inuma, President Director PT AHM kepada GridOto.com (28/03/2018).
Bagi PT Astra Honda Motor (AHM) ini adalah sebuah prestasi.
"Ini merupakan penghargaan yang luar biasa buat Honda All New PCX 150," ujar Toshiyuki Inuma, President Director PT AHM kepada GridOto.com (28/03/2018).
Namun
seberapa irit konsumsi BBM All New Honda
PCX 150?
Mana lebih
irit dibanding Yamaha NMAX 155 yang saat ini mendominasi pasar?
Untuk itu,
tim reviewer GridOto.com pun melakukan pengetesan, motor ini dipakai harian
lebih dari 400 km.
ISS diaktifkan dan kondisi jalan bervariasi dari macet, merayap sampai jalan kosong yang bisa gas pol.
Testernya berpostur 173 cm 64 kg yang gaya bawanya agresif. Berapa konsumsi bensinnya?
ISS diaktifkan dan kondisi jalan bervariasi dari macet, merayap sampai jalan kosong yang bisa gas pol.
Testernya berpostur 173 cm 64 kg yang gaya bawanya agresif. Berapa konsumsi bensinnya?
Rata-rata
ternyata tertera di spidometer 41 km/ liter. Masih cukup irit nih untuk skutik
berbobot 132 kg.
Jadi sekali isi tangki penuh 8 liter, setidaknya bisa riding sejauh 328 km.
Tentu bisa lebih kalau yang bawa buka gasnya lebih smooth, bahkan saat bawa motornya kalem bisa tembus 1 liter untuk 45 km.
Jadi sekali isi tangki penuh 8 liter, setidaknya bisa riding sejauh 328 km.
Tentu bisa lebih kalau yang bawa buka gasnya lebih smooth, bahkan saat bawa motornya kalem bisa tembus 1 liter untuk 45 km.
Kalau dibawa santai, konsumsi bensin PCX 150 bisa lebih dari 45 km/liter
Salah satu
yang diyakini membuat konsumsi bensinnya hemat adalah fitur ISS-nya.
ISS atau
idling stop system ini jika diaktifkan, maka akan mematikan mesin ketika
berhenti atau langsam lebih dari 3 detik.
Ketika mesin mati, maka terasa sedikit goyangan dari mesin yang memutar kruk as atau swing back, tujuannya agar lebih ringan saat akan dihidupkan.
Ketika mesin mati di lampu merah atau di kemacetan otomatis tidak membuang bahan bakar secara percuma sehingga wajar jika jadi lebih hemat.
Ketika mesin mati, maka terasa sedikit goyangan dari mesin yang memutar kruk as atau swing back, tujuannya agar lebih ringan saat akan dihidupkan.
Ketika mesin mati di lampu merah atau di kemacetan otomatis tidak membuang bahan bakar secara percuma sehingga wajar jika jadi lebih hemat.
Sedang
mesinnya, All New Honda PCX 150 mengusung konfigurasi mesin
4 langkah 1 silinder SOHC 2 katup berpendingin cairan.
Bore x stroke-nya 57,3 x 57,9 mm dengan kapasitas 149,3 cc, rasio kompresinya persis 10,6:1.
Tenaga PCX 150 mencapai 14,5 dk di 8.500 rpm dan torsi 13,2 Nm di 6.500 rpm.
Bore x stroke-nya 57,3 x 57,9 mm dengan kapasitas 149,3 cc, rasio kompresinya persis 10,6:1.
Tenaga PCX 150 mencapai 14,5 dk di 8.500 rpm dan torsi 13,2 Nm di 6.500 rpm.
Nah seberapa
irit kompetitornya Yamaha NMAX 155
masih kuat biarpun sudah 3 tahun diluncurkan di Indonesia.
Untuk
mengetesnya, kami membawa NMAX 155 2018 riding di beragam kondisi, mulai dari
jalanan kosong sampai kemacetan di jalanan Ibu Kota.
Bukaan gasnya
juga tidak dibatasi, kalau ketemu jalanan kosong ya gaspol merasakan sensasi
tenaga 14,8 dk di 8.000 rpm dan torsi 14,4 Nm pada 6.000 rpm hehehe.
Menggunakan BBM RON
92, tercatat angka 39,8 km/liter di informasi Average Fuel di
panel instrumennya, yang memberi tahu konsumsi BBM rata-ratanya.
Terhitung
efisien karena sebanding dengan performa mesin NMAX yang
baik, sekalipun membopong bobot motor seberat 127 kg.
0 comments:
Post a Comment